Survei yang bertajuk 2003 Health Survey tersebut dilakukan oleh Departemen Kesehatan Inggris. Dalam survei tersebut 14.416 responden yang telah diukur tinggi badannya diminta menjawab daftar pertanyaan mengenai kualitas kesehatan. Data tersebut lalu dianalisa untuk mengetahui kaitan antara tinggi badan dan persepsi kesehatan seseorang.

Menurut tim peneliti daftar pertanyaan itu tidak untuk mengukur kualitas kesehatan seseorang, tetapi mengukur bagaimana seseorang berpikir atau menilai kesehatannya sendiri.

Rupanya, orang yang termasuk dalam kategori bertinggi badan rendah (jika pria tingginya kurang dari 162 cm dan wanita kurang dari 151 cm), mengaku mereka merasa kualitas kesehatannya rendah jika dibandingkan orang yang tinggi tubuhnya normal.

"Biasanya orang yang bertubuh pendek sering mengalami masalah psikologi dalam hidupnya seperti dalam pendidikan, pekerjaan dan hubungannya dengan orang lain," kata salah seorang peneliti. Selain itu, hasil survei ini menunjukkan makin kurang tinggi tubuhnya, makin besar masalah psikologi yang mereka alami akibatnya mereka merasa kurang fit.

Meski hasil studi ini tidak menunjukkan tinggi tubuh yang kurang secara langsung mengurangi kesehatan fisik dan mental, tetapi menunjukkan bahwa orang yang tergolong pendek sering merasa kualitas kesehatannya kurang.

6 komentar:

Cunz mengatakan...

wahh masuk akal jga tuhh...
ngomong2 tinggi badan lu brapa? jgn2 lu masuk jga dalam kategori <162 cm
Lu kan rada byk masala ksehatan.. Just kidding
hehe bercanda aj koq, tapi mnrt gw seh mgkn ad bnar n ga bnarny jga... N tinggi badan aj ga bsa jdi patokan seseorg sehat ato ga soalny kan msi byk faktor laen

Sher-sher mengatakan...

Ky na ngga' de will, coz scr medis aj kita mikir... mis lu punya bdn tinggi, tp sering bobo malem n byk aj kerjaan yg nyita wktu istrahat luu...liat de ap lu bisa sehat ap ngga.. ya toh???

coba d buka2 blog yulianty, di sitoe ad Penelitian ttg Dampak kurang tidur... aaa liat2 n comment jg gpp kog. hikzz ^_- v

G'Blez
by She
She' is waiting ur comment too!

bin'z mengatakan...

G setuju kalo itu berdampak psikologis.. Kan orang yang pendek biasa berpikir yang ngak2 kalo dia tuch ga normal karena terlalu pendek. Mungkin dia akan berpikir kalo karena kualitas kesehatannya krg mknya dia jadi gak tinggi2. Truz sesuai yang Pak Alex blg dampak kekuatan pikiran akan ketularan ke fisik. Mgkn begitulahh... Walaupun gak sma orang pendek berpikir begitu..
Tapi tetap banyak faktor laennya yang lebih dominan c...

1k54N mengatakan...

yah....
untung aj g tingginya di atas rata2


how bout u?
merasa banyak gangguan ke?wkwkwkwkwkwk


menrut g biasa aj x..
mereka merasa kurang sehat krena badannya gk bisa tambah tinggi aj..

gk ada hubungan dengan kesehatan..
lagipula ini kan dipengaruhi oleh gen.. ada juga orang tinggi yang kena penyakit diabetes karena berasal dari keluarga yang punya gen penyakit ini..

famel^^v mengatakan...

haha... untuk ukuran ceweq gw masih ok donx... msih diatas 151cm setidaknya...
btw, setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing2...
lagian penyakit juga gak bole sering dipikirin.. makin rajin ntar datangnya...
^^v

Emilia mengatakan...

masing-masing orang juga seh,siapa tau kan orang yang ukuran tingginya dibawah rata-rata ga ada masalah apapun dengan kesehatannya..
menurut g sendiri ga hubungannya seh,tingkat kesehatan itu diukur dari pola makan,pola tidur n faktor lingkungan lainnya..

Posting Komentar

 
C'est zone de WiLlY © 2008. Template Design By: SkinCorner