Did you know ???

Ikan Sama Cerdasnya dengan Tikus

EDINBURGH - Peneliti St Andrews University, Skotlandia, berhasil membuktikan ikan merupakan binatang yang cerdas melalui sebuah penelitian baru-baru ini. Kecerdasan binatang yang hidup dalam air ini sama dengan mamalia.

Penelitian itu menggunakan ikan mas air tawar sebagai objek penelitian. Seorang anggota peneliti, Dr Mike Webster, mengatakan ikan akan menjadi sangat cerdas jika berada dalam keadaan bahaya atau kondisi terancam.

"Penelitian ini membuktikan ikan sama cerdasnya dengan tikus," ujar Webster, seperti dikutip dari Telegraph, Minggu (31/8/2008).

Hasil penelitian menggambarkan bagaimana tingkah laku ikan menghadapi pemangsa dengan menggunakan teknik shared learning.

Teknik itu memperlihatkan seekor ikan mengadopsi dan belajar dari tingkah ikan lain untuk menghindari pemangsa, namun ketika ancaman telah hilang maka ikan bergerak sesuai keinginan sendiri.

Webster menambahkan, percobaan itu memberikan gambaran jelas bagaimana seekor ikan mampu meningkatkan kecerdasan untuk membuat keputusan jika berada dalam ancaman. "Ikan lain juga memiliki kemampuan yang sama dalam melihat tingkah laku sesamanya," ujarnya.

Kendati demikian, ia mengatakan penelitian itu akan terus dikembangkan untuk mengetahui lebih jauh tingkat kecerdasan ikan.

7 komentar:

JoHaN mengatakan...

Dikatakan bahwa kecerdasan ikan bisa sama dengan mamalia. Jika demikian hal tersebut berlaku juga untuk manusia juga, otomatis seorang manusia akan bertambah kecerdasannya pada saat ia terancam. Tapi, terkadang kebanyakkan orang malah tidak bisa berpikir dengan baik pada saat mereka dalam situasi terancam. Jadi, apakah kita juga bisa berada pada posisi seperti ikan yang dikatakan tersebut. ok , thx

yuu kanda mengatakan...

Ciaossu!
Menurut setiap makhluk hdup memang memiliki kecerdasan, tergantung dari tinggi atau rendahnya.Tapi yang pasti, semua mahkhluk hidup memiliki alat melindungi dirinya sendiri...
Please comment my blog too^^

LZ mengatakan...

ikan sama cerdasnya dengan tikus. mungkin benar juga. Menanggapi komentar johan, pernah memperhatikan orang yang biasanya tidak pintar atau biasa2 saja, pada saat dia dalam keadaan terdesak malah dia akan berpikir dengan cepat untuk menghadapi masalah tersebut??jadi, ttidak tergantung dengan kepintaran seseorang, tetapi tergantung dari pengalaman masing2 dalam menghadapi masalah tersebut.tq

-Seppri- mengatakan...

Itu smua dalah pemberian dari yang MAha kUAsa.... kIta gak bisa apa2 Fren.. Hehehe.. Gak nyambung ya.... Tapi smua binatang itu punya kelebihan n kelemahan nya masing2 seperti halnya manusia...

Erita Haryani mengatakan...

ikan sama cerdasnya dengan tikus? ok juga, klo gitu bloh tu dianjurkan biar manusia makan ikan banyak2 j, biar kepintaran ikan juga dibagi keotak manusia. hehe..

Emilia mengatakan...

semua makhluk hidup punya kecerdasan kecuali tumbuhan soalnya k belum pernah ada pengujian tentang kecerdasan tumbuhan,he...adanya cuman sekresi,iritabilita,fotosintesis n lain-lain
manusia n hewan emank punya cara tersendiri untuk mempertahankan diri saat terancam,itulah ciri khas masing-masing...

Rini_MaShi mengatakan...

Ohohoho...^-^
Setiap makhluk hidup pasti punya kecerdasan tapi kalo tikus sama ikan itu mah biasa biz emank kecerdasan makhluk hidup tergantung lingkungannya juga si.
heheh..

Posting Komentar

 
C'est zone de WiLlY © 2008. Template Design By: SkinCorner