Ilmuwan Jelajah Misteri Alam dengan Alat Jutaan Dolar



JAKARTA - Ilmuwan takkan pernah berhenti mencari tahu rahasia alam. Kali ini mereka berencana menggunakan partikel akselerator terbesar yang jauh tertanam di dalam perut bumi antara batas Perancis dan Swiss, untuk menjelajah dunia dengan skala lebih kecil yang tidak pernah dilakukan oleh ilmuwan manapun sebelumnya.

Adalah Large Hadron Collider (LHC) yang akan digunakan untuk mencari tahu bagaimana semesta ini terbentuk dengan menganalisa bentrokan partikel. Proyek ini disambut ketakutan dan skeptis oleh banyak pihak karena dikhawatirkan akan menimbulkan kehancuran di bumi, yang ditolak mentah-mentah oleh para ilmuwan.

Menurut para ilmuwan LHC sudah siap digunakan untuk uji coba mengedarkan sinar proton ke dalam terowongan sepanjang 17 mil. Uji coba tersebut merupakan langkah besar bagi dunia ilmu pengetahuan yang nantinya akan menyediakan informasi baru tentang cara kerja alam semesta.

LHC sendiri tersusun dari akselerator yang dibakar dengan jarak lebih dari 300 kaki dari Jenewa Swiss dan telah menghabiskan lebih dari USD10 milyar untuk biaya konstruksi, detektor partikel, dan komputer, berdasarkan keterangan juru bicara European Organization for Nuclear Research (CERN) Katie Yurkewicz yang dikutip dari CNN, Rabu (10/9/2008).

Alat mega besar dan mega mahal ini dinilai potensial oleh para ilmuwan untuk menjawab pertanyaan para fisikawan yang tak terjawab selama bertahun-tahun, termasuk kemungkinan keberadaan ekstra dimensi. Alat ini diharapkan juga menemukan partikel teoritis bernama Higgs Boson yang selama ini tak terdeteksi untuk menjelaskan kenapa suatu benda atau barang mempunyai massa. Selain itu, LHC juga akan merekonstruksi ulang bagaimana keadaan setelah terjadinya Big Bang yang dikabarkan bagaikan ?sup panas? electron dan gluon.

Banyaknya pengharapan yang dibebankan ke proyek LHC ini terus diiringi dengan keraguan dan protes keberatan, namun tetap tak menggoyahkan pendirian para ilmuwan bahwa yang mereka lakukan ini adalah kemajuan ilmu pengetahuan.

"Saat Columbus berlayar ke arah barat, ia berpikir ia akan menemukan sesuatu. Ia tidak menemukan apa yang ia cari, namun menemukan sesuatu yang menarik," papar fisikawan teoritis dari Fermi National Accelerator Laboratory Joseph Lykken, yang juga ikut andil dalam eksperimen Compact Muon Solenoid, salah satu dari enam eksperimen yang berhubungan dengan LHC, ketika menjawab sikap kritis dari publik.

Di tahun 2009 nanti, LHC direncanakan akan dipakai untuk mulai menghancurkan partikel dalam dua arah berlawanan dengan cara mengirimkan 2 sinar proton ke sekitar terowongan. Alat ini akan dioperasikan dengan energi dan intensitas yang lebih tinggi sehingga bisa menghasilkan cukup data.

12 komentar:

JoHaN mengatakan...

ya, itulah manusia, mereka akan selalu bereksperimen dan mencari tahu. keberadaan luar angkasa memang masih menjadi sebuah ruang misteri yang tak terbatas untuk dijelajah, termsuk mengenai adanya dimensi-dimensi lain dari alam ini.

tapi, apakah ada dampak negatif dari hasil observasi yang besar2an ini??
hal ini sangat mengkhawatirkan, sebab kita tak pernah tau timbal balik dari apa yang sudah dilakukan.

biaya yg dikeluarkan juga tidak lah sedikit, jika sampai miliaran dollar, berarti proyek ini merupakan yang terbesar pada abad ini. ya, kita berharap supaya tidak terjadi apa2 terhadap observasi ini, karena hal ini belum prnah trjadi pada masa ini>>>

thx

Rini_MaShi mengatakan...

lagi2 eksperimen lagi. ternyata manusia khususnya iomuwan tidak pernah mau berhenti menemukan sesuatu yg berguna bagi manusia. saya rasa patut untuk d beri pujian. tapi dengan jumlah nilai yg d keluarkan apakah hasil yang d dapat cukup ato sebanding dgn yg d keluarkan. dan masih ada kemungkinan memiliki dampak negatip terahadap manusia. jadi lebih baik resikonya d ketahui lebih dulu sebelum melakukannya

cici mengatakan...

saya dukung kemajuan ilmu pengetahuan. hahaha. tampaknya misteri dunia akan semakin cepat terungkap. karena para ilmuwan sudah memulai aksi mereka. dan menurut saya ini harus di perhitungkan karena mereka memajukan kemajuan dunia. dan rasa dukungan dananya juga sangat memadai. ^^

Denny Wijaya mengatakan...

Manusia manx ga pernah puas.. Padahal udah diberi sesuatu oleh Tuhan kita, tapi masi aja suka aneh2 y.. Hehe.. Apalagi untuk memenuhi rasa penasaran mereka, harus dikeluarkan miliaran dollar..

Moga2 aja dengan observasi ini tidak menimbulkan dampak negatif aja d.. Bis g jg agak penasaran.. Hehe

-Seppri- mengatakan...

Ini yang namanya ilmuwan.. Berani berkorban begitu banyak untuk kebaikan semua orang.. MAri kita semua tepuk tangan buat ilmuwan... Hehehe... Observasi ini bgs bgt tentunya pada saat ini dan untuk yg akan datang.. mdh2an jgn sampai ada kekeliruan..

junaidi mengatakan...

Yah pd dasaranya sifat manusia emang gt mau tahu ap ajak yg gak dia ketahui.
Dgn eksperimen tersebut sapa tau manusia dapat mengetahui bagian dari luar angkasa yang belum diketahui.

KRISTIANTO mengatakan...

say setuju am deny,emang manusia ga pernah puas.klo observasi ini uda selesai n uda ad hasil.ga tau apa lagi de mo di buat am ilmuan2.
cape de....

Grande Fento mengatakan...

eksperimen lagi, eksperimen lagi, eksperimen kok lagi2. menrut wa itu udah biasa mereka ngeluarin uang banyak buat melakukan sesuatu yang berguna. menrut wa itu ud biasa. tapi xlo orang indo yg buat kyk gt mah itu baru luar biasa. good experimen lah so we can know the mystery of the world that will be revealed.

Unknown mengatakan...

Hmm, sebenarnya agak mengkhawatirkan juga, terutama karena kita nggak tahu benar apa yang sebenarnya sedang mereka lakukan.

Kalau percobaan ini benar2 berhasil maka kita akan mendapat satu pengetahuan baru lagi yang sangat penting :)

famel^^v mengatakan...

gan... selamat yooo... chi eee... blog terkeren gt lohh
selamanya milik lu deh....
hehe
gw suka banget loh berita yang berhub ma luar angkasa gini.. keep posting yoo..
emm.. menurut gw sih lebih baik dilakukan aja.. pertama, duit yang dikeluarin dah banyak, selain itu eksperimen ini kan berguna buat menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang mengganjal dibenak orang-orang tentang big bang dan sebagainya.. jadi eksperimen ini bakal nambah lagi ilmu buat manusia.. kan bagus...
saya mendukung...
jia you ilmuwan disono..
^^v

bless mengatakan...

ya intinya, kita berharap saja dimana setiap penelitian itu membawa dampak yang baik buat kita sebagai penerima informasi ini, dan memang benar informasi buaka data,he3 jadi ingat pelajaran Sir wuisan

Grande Fento mengatakan...

udah lama neh gk ada penelitian baru lagi. dengan adanya penemuan ini di harapkan seh segala misteri yg belum terungkap bisa segera di terealisasi. jd mungkin akan bnyk lagi pengetahuan yg belum di temukan manusia akn segera di dapatkan.

Posting Komentar

 
C'est zone de WiLlY © 2008. Template Design By: SkinCorner